Baduy dalam Era Globalisasi (Sinopsis + Video)

Video ini menayangkan bagaimana warga Komunitas Baduy merespons perubahan yang sedemikan gencar menerpa mereka. TVRI-Bandung dalam rangka perebutan award Gantra Kencana”, penghargaan khusus tentang tayangan kebudayaan tertinggi tingkat nasional, menyajikan fenomena kebudayaan Baduy dalam konteks perubahan sosial-budaya. Fokus tayangan ini berkisah seputar pengetahuan, sikap dan praktek orang Baduy menghadapi era global yang setidaknya berpengaruh terhadap kehidupan mereka. Titiktolak cerita dalam video itu, adalah Prof. Judistira K. Garna, Ph.D peneliti yang tidak pernah berhenti mengamati dan menyermati setiap perubahan yang terjadi di Desa Kanekes tempat warga komunitas baduy bermukim.

Buku yang ditulis Prof. Judistira Garna, memang berjudul Orang Baduy, yang berkisah tentang respons orang Baduy menghadapi perubahan. “Perubahan boleh terjadi”, ujar Jaro Saidi, yang kedudukannya dalam kebudayaan Baduy berperan sebagai Jaro Tanggungan Duawelas. “tetapi perubahan itu hanya dalam kehidupan material, dan tidak akan pernah terjadi dalam kehidupan spiritual”. Sederet informasi lain yang menjadi setting tayangan ini bernuansa alam, sosial dan mistik boleh jadi menambah tayangan ini  menarik dan setidaknya menjadi informasi yang sangat penting untuk mencernati setiap perubahan kebudayaan.

Itulah, kisah yang tergambarkan dalam video itu. Sedikit banyaknya dengan menyaksikan tayangan video ini, ada dua pengalaman yang dapat diperolah: pertama menilik kondisi Baduy 15 tahun yang lalu, dan kedua memeriksa ujaran orang Baduy, yang hanya akan berubah sebatas kehidupan material tetapi tak mengubah kehidupan spiritual. Itu artinya, orang Baduy tetap konsisten terhadap keyakinannya bahwa kehidupan ekonomi tak sepantasnya menjadi tujuan hidup manusia. Bagaimana dengan kita?

2 Komentar to “Baduy dalam Era Globalisasi (Sinopsis + Video)”

  1. perubahan baduy sudah makin moderen. weleh weleh kok bisa yaaaaaaaaaaaaaa?

  2. Semangat meneliti Baduy…🙂
    Terima kasih informasi nya…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: